Minggu, 20 Januari 2013

Kesimpulan Kuliah Filsafat Matematika


Secara umum kegiatan kuliah mata kuliah Filsafat Matematika yang diajar oleh Pak Marsigit dikelas P Mat Swa 09 semester 7 ini sudah baik. Beliau menjelaskan dengan pelan dan menggunakan bahasa yang kadang diselingi humor. Hal ini akan membuat perkuliahan tidak cepat bosan. Pak Marsigit juga melarang mahasiswa untuk mencatat apa yang disampaikan Beliau secara langsung di buku. Saya sangat setuju karena menulis bersamaan dengan mendengarkan tidak akan bisa membuat apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Kuliah cukup mendengarkan dan merekam apa yang disampaikan. Karena tidak menulis, mahasiswa dapat mendengarkan dengan jelas dan dapat berusaha memahami kata-kata yang disampaikan oleh Pak Marsigit.
Hal unik, jarang, dan idealis lain yang dilakukan oleh Pak Marsigit adalah kuliah online. Pak Marsigit tahu benar bagaimana cara memanfaatkan teknologi yang ada dan juga membuktikan bahwa perkembangan teknologi tidak hanya berdampak negatif. Pak Marsigit memberikan kuliah online lewat situs blog yang dimilikinya yaitu http://powermathematics.blogspot.com/. Didalamnya terdapat berbagai macam pengetahuan yang diberikan secara cuma-cuma. Mulai dari elegi-elegi, tentang kurikulum, dan masih banyak lagi. Dari sini Pak Marsigit memberikan tugas untuk membuat comment di setiap minggunya minimal 20 comment. Ini juga sangat berguna, membuat mahasiswa sedikit paham tentang apa itu blog, bagaimana cara membuat blog, dan sebagainya.
Rekaman yang didapat juga sangat berguna bagi mahasiswa apabila ingin memahami lebih dalam apa yang disampaikan oleh Pak Marsigit. Selain itu, rekaman yang didapat juga digunakan untuk referensi lagi di rumah bagi mahasiswa karena setelah perkuliahan mahasiswa akan mendapat tugas untuk membuat refleksi dari kuliah sebelumnya. Ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dengan adanya refleksi, mahasiswa akan menjadi lebih paham dengan apa yang disampaikan oleh Pak Marsigit.
Mungkin ada satu tugas yang sedikit memberatkan yaitu tentang tugas memberikan comment pada blog dengan kriteria seminggu 20 comment. Menurut saya ini sedikit memberatkan mahasiswa, apalagi yang tidak memiliki komputer dan modem. Mereka akan sedikit lebih bekerja ekstra karena harus sering pergi ke warnet, dan menambah biaya hidup di Jogja ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar